Saturday, October 14, 2006

Buka Puasa Bersama...

Pekan ini jadwalku penuh dengan acara buka puasa bersama. Alhamdulillah, bisa merasakan lagi keriangannya, kerepotannya, serta saling berbagi cerita dan doa.
Selasa, buka puasa bareng alumni SD angkatan 2004 (yang sekarang kelas 2 SMP). Mereka mulai masuk masa remaja, tapi wajah mereka sudah mulai 'berubah'. Kelakuannya masih seperti anak-anak, tapi sudah nggak mau nurut sama guru SD-nya. Haha... Mereka nggak punya acara yang jelas, dan akhirnya wali kelas mereka (yang) dulu yang mengkoordinir dan mengkondisikan. Tapi susah...! Maklum, setelah beberapa waktu berlalu dan baru sekarang ketemu lagi, tentulah acara ini sekalian jadi reuni kecil juga. Tukaran no.HP, berbagi ringtone, bercanda, dsb deh. Buat saya, ini juga nostalgia kecil.
Rabu, buka puasa bareng anak-anak level 4 yang saat ini aku ajar. Soal makanan, sudah beres diurusin orangtua murid. Guru-guru tahu beres aja deh. Supaya nggak banyak ngabisin energi, sambil menunggu saat berbuka, kita siapkan film Al-Fiil buat anak-anak. Sementara itu, guru-gurunya sih sibuk aja mondar-mandir sana-sini. Aku sendiri motretin kegiatan anak-anak dulu baru mulai makan. Belum nyampe separuh jalan 'membahas' nasi kotak yang sudah tersedia, satu persatu orangtua murid mulai berdatangan mau menjemput anak-anak mereka. Kutinggalkan nasi untuk kemudian beramah-tamah dengan mereka yang datang silih berganti. Setelah itu (saat sekolah sudah mulai sepi), ternyata... kelas berantakan sekali!!! Anak-anak belum bisa makan dengan rapi dan tertib rupanya (kalau tidak diawasi). Kabarnya, mereka sempat 'perang' mi dan tulang ayam. Masya Allah...! Akhirnya sambil menunggu anak-anak yang lain dijemput, aku dibantu 3 anak perempuan, sibuk beres-beres kelas. Nyusun kursi-meja jadi susunan yang rapi, dan nyapu kelas. Lumayanlah, tinggal dipel oleh penjaga sekolah yang ikutan lembur dengan kita. Sayangnya lagi, aku jadi batal ikutan tarawih di sekolah, padahal udah wudhu...! Cuma nggak tahan aja lihat kondisi kelas berantakan. Kasihan pak penjaga sekolah kalau harus capek berat mberesin 3 kelas yang dijadikan lokasi acara.
Kamis, buka puasa bareng alumni SD yang sekarang sudah kelas 3 SMA. Wah... mereka ini yang kayaknya paling banyak perubahannya. Beberapa di antara mereka nyaris tak kukenali lagi. Calon-calon mahasiswa itu terlihat lebih dewasa, dengan gaya bicara yang lebih terstruktur. Senang sekali melihat semangat di wajah mereka. Inilah kebahagiaan seorang guru. Saat melihat bayangan cerah masa depan murid-muridnya, sungguh, aku bahagia sekali. Walaupun rasanya agak stagnan (sebagai guru) akhir-akhir ini, tapi pertemuan dengan mereka menyalakan kembali semangat untuk berkarya lebih banyak dan lebih baik di hari-hari mendatang. Yuk...!
Jumat, buka puasa bersama seluruh staf dan karyawan Salman Al Farisi. Alhamdulillah, makanannya enak. Di lokasi SD, anak-anak kelas 6 B juga ngadain acara buka bersama. Setelah shalat maghrib, kita malah ikut makan di sana. Hehe... Lebih seru, soalnya. ;)

No comments:

Solusi Sehat Body Sampai Kuku