Wednesday, May 18, 2016

Tutorial Kotak Segi Empat vs Video The Making

Beberapa waktu lalu, aku memberi tugas membuat kotak segi empat ini untuk murid-muridku di kelas 6. Membuat bentuk origami 3 dimensi, (menurutku) menyenangkan sekali. Ketika kucari langkah-langkah pembuatannya di jagad maya, sebetulnya sudah ada beberapa tutorial, tapi aku sendiri masih mencari tips dan trik paling sip untuk menyelesaikan kotak origami ini. Dari beberapa tutorial yang kudapat, ada beberapa langkah yang nggak cukup jelas kupahami (atau mungkin sebetulnya aku yang kurang 'klik' gitu yaa :p). Setelah paham langkah-langkah pembuatan kotak 3 dimensinya, ada urusan berikutnya yaitu mengajarkannya kepada anak-anak.
Problematika anak-anak sekarang... mereka seringkali nggak sabaran, maunya cepat selesai. Nggak paham proses, maunya lihat hasil akhir yang cantik. Nah... video ini dibuat untuk memberi gambaran, bahwa sebuah karya, kotak segi empat hasil melipat-lipat kertas itu tidak jadi dalam sekejap mata, tapi bisa cukup cepat dibuat jika mau memperhatikan secara cermat dengan pikiran yang smart. Ini dia videonya yaa. Setelah lihat, boleh langsung bikin yaa, kotak segi empatnya. Ayo cepaat...!


Membuat video tutorial ini juga nggak bisa main asal cepat. Perjuangannya nggak kurang-kurang juga, walaupun nggak sampai berdarah-darah sih, tapi lumayan bercucuran keringat dan air mata. Nggak... aku nggak melebih-lebihkan. Video 'mission is possible' ini memang sengaja dibuat supaya bisa ikut partisipasi di lomba vlog yang digelar Emak Gaoel. Makanya, perjuangan beneeer bikinnya, mengingat hadiahnya cukup menggiurkan (elap air liur). Akhirnya jadi juga video plus blog postingnya. Nih dia maak... mission accomplished. (kali ini elap keringet)
Cerita sedikit yaa soal pembuatan video ini. Kalau tutorial bikin kotak segi empatnya, kurasa udah jelas deh lihat step by step-nya di video. Nah, soal 'berkeringat dan berair mata' bikin video ini yang layak diungkep diungkap.
Bermula dari motret langkah-langkah pembuatan kotak segi empat ini satu persatu. Gimana caranya supaya kertas origami dengan cara melipatnya bisa kelihatan dengan (cukup) jelas. Dengan sok nekat, aku pakai kamera handphone seadanya. Bukan handphone canggih sekelas Smartfren Andromax, tapi yaa... manfaatkan yang kupunya aja deh. Nggak pake tongsis atau tripod, aku menaruh handphone di atara dua kursi yang diganjal buku di kiri-kanannya. Dengan begitu, posisi kamera tetap pada posisi. Dan tanganku nyelip-nyelip di antara kaki meja gitu untuk melipat kertas itu satu persatu. Belibet nggak siiih? Keringatan juga motretin kertas sambil melipat satu-satu gitu. Belasan gambar lho yang kuambil.
Selesai urusan gambar, berlanjut dengan merangkainya jadi video. Sebetulnya aku sudah beberapa kali juga bikin video slideshow untuk beberapa lagu gubahanku dan lancar-lancar aja. Tapi kali ini, ampun maak... adaaa aja cobaannya. Komputer yang lelet loadingnya, file yang kehapus nggak sengaja, dan bolak-balik tampilan gambar nggak muncul di video. Di bagian ini yang bikin keringat dan air mata bercucuran. Literally deh. 
Menyusun gambar berurutan, menuliskan instruksinya satu-satu di tiap slide (yaa sedikit mengarang bebas deh judulnya), lalu menambahkan judul, menambahkan soundtrack. Whoa... pusing lagi nyari lagu yang cocok dengan rangkaian tutorial ini. Sedikit maksa, kusisipkan aja salah satu lagu yang ada di koleksi MP3-ku. Preview punya preview, lho kok... gambarnya nggak kelihatan siiih di video? Gelap gulita seperti malam tak berbintang. Hahh... (elap keringat lagi).
Setelah beberapa kali percobaan, mengulang proses, menyimpan hasil editan dalam beberapa jenis file, akhirnya ada juga salah satu yang lumayaaan-lah. Nggak pake lama lagi, ku-upload ke youtube deh. Dan itu dia hasilnya, video tutorial cara membuat kotak segi empat. Tutorial satunya lagi (cara membuat tutup kotaknya), kupisahkan di video berikutnya yaa -dengan catatan: kalo sukses- Siap keringetan lagi, tapi ogah nangis-nangis lagi ah. Mau senyum-senyum aja lihat kotak-kotak cantik begini.
Buat yang sudah lihat video tutorialnya, selamat bikin kotak segi empatnya ya. Jangan ragu untuk berkreasi dengan kertas segala macam warna dan motif. Kata orang yang sudah-sudah siih, bikin kotak begini tuh nagih, nggak bisa cuma sekali. Mari bikin lagiii...

1 comment:

Nanda Devi said...

Sip Dyaaah...