Saturday, July 30, 2016

Variasi Olahan Buah, Opsi yang Bikin Happy

Jelang akhir Juli lalu, aku ikut dengan rombongan sekolah dalam acara tahunan yang digelar sekolah untuk mempersiapkan guru-guru dan staf sekolah menyambut tahun akademik yang baru. Judul kerennya sih Teachers Conference, yaa… semacam lokakarya begitu deh. Tahun ini kami menginap di Kampung Sampireun, sebuah tempat yang magis eksotis gitu deh untuk menghabiskan waktu liburan. Eh, tapi kami ke sana bukan untuk berlibur dong ah… 
Pendek kata, mulai Selasa, 19 Juli lalu aku dan teman-teman berangkat ke lokasi, menghabiskan 3 hari di kawasan resort itu, hingga Kamis, 21 Juli. Semua pengalaman dan pengamatan, seluruhnya berkesan mendalam. Tapi... agak salah fokus juga sih, kali, yang ingin ku-highlight di sini adalah sesi makan-makan di sana. Ahahaa… 
Alhamdulillaah, nggak ada ceritanya kami kelaparan di sana. Yang ada malah kenyang sekenyang-kenyangnya, dengan menu sajian yang memanjakan perut dan lidah. Dalam sehari, ada 5 sesi makan dong… 3 sesi makan berat, plus 2 kali coffee break. Makanan yang disajikan di sana, whoaaa… enak-enak semua. Cukup banyak menu dengan kandungan buah di sana. Berasa sekali, karena memang aku suka, dan jadi bahan candaan untuk salah seorang teman yang tidak suka buah. (Suatu ‘keajaiban dunia’, ada orang yang nggak suka buah. Tapi dengan begitu, jatah makanannya bisa kuminta tanpa merasa berdosa, toh dia memang tak suka. Ahahaa… :p) 
Di hari pertama, setiap kamar mendapat jatah buah jeruk sebagai tanda welcome. Buah yang akhirnya berhasil kubawa pulang, setelah sempat di-claim oleh teman sekamarku. Tapi rejeki sih nggak lari ke mana. Akhirnya welcome fruit itu jatuh ke tanganku juga ;)
Selain welcome fruit, sajian buah segar sesekali muncul di meja prasmanan, yang bisa kita ambil sesuai selera. Jeruk, buah naga, semangka, melon, dan pepaya, jadi beberapa yang kuingat sempat tersaji di sana. Pepaya California-kah gerangan? Karena belakangan ini, saat menampak sajian buah, aku langsung teringat buah pasti Sunpride, mengingat kualitasnya yang selalu prima. Selain buah segar, tak jarang juga muncul sajian buah yang sudah diolah. Cocktail buah, tak kalah segar tentunya.
Teringat di salah satu sesi coffee break sore, dihidangkan pisang goreng crispy yang, umm… bagaimana ya menggambarkannya. Manis buahnya, hingga berkaramel di beberapa bagian. Lembutnya daging buah pisang yang ranum, berpadu dengan renyahnya caramel. Ah… sungguh nikmat tak terkira. Sajian menu berbahan buah lainnya adalah puding strawberry yang sangat berasa kesegarannya. Tampaknya buah strawberry segar jadi campuran puding tersebut. Ini pun menghasilkan paduan rasa segar dan jadi penutup sesi makan siang yang menyenangkan. Satu sajian berbahan buah lainnya adalah pie mini dengan isian pure apel dan kismis dengan aroma kayu manis. Sebagai penyuka hidangan manis, aku suka sekali hidangan yang satu ini. Biasanya aku nggak terlalu suka pie karena berdasarkan pengalaman, pie-nya itu berasa tawar atau hambar. Tapi pie yang di sini ini, ennak ternyata….#KasihJempol. Jadi pengen bikin juga yang seperti itu. Siap-siap bongkar koleksi resep sunpride. Mesti ada deh resep pie apel.
pic: courtesy of sunpride.co.id
Dan aku tersesat… Tersesat di antara ratusan resep penganan berbahan buah yang sungguh sangat menggugah selera. Beberapa resep pie apel kutemukan, membuatku bingung sendiri, mana yang mau kupraktikkan lebih dulu. Ada beberapa butir apel granny smith di kulkas, hasil belanja tempo hari. Dan aku pun senyum-senyum senang sendiri mengingat manfaat apel untuk kesehatan, bakal sukses bikin kesehatan makin terjaga, seperti kata pepatah berbahasa Inggris: An Apple a day, keeps the doctors away. Sebetulnya, pepatah itu awal mulanya berbunyi begini: Eat an apple on going to bed, and you’ll keep the doctor from earning his bread. Tapi apapun pepatahnya, itu membuatku kembali menjelajah dunia maya, mencari rujukan mengenai manfaat apel. Beberapa di antaranya, yang dilansir oleh Health India adalah sebagai berikut:
Mencegah penyakit jantung, karena apel mengandung pectin yang dapat menyerap kolesterol. Antioksidannya efektif untuk memerangi kolesterol jahat. Apel juga mengurangi resiko stroke, membersihkan gigi dari noda, membuat kulit lebih sehat dan cerah. Ini idaman banyak orang, termasuk diriku tentunya. Selain itu, apel juga bisa membantu mengontrol pertambahan berat badan. Dengan kandungan seratnya, apel membantu cegah konstipasi dan diare. Apel juga meningkatkan daya tahan saat berolahraga serta mempertajam daya ingat. Yang lebih asik lagi, apel juga menambah sistem kekebalan tubuh hingga dapat melawan kanker dengan kandungan flavonoid yang banyak terdapat di kulitnya. 
Oke deh. Dengan dukungan data begini, aku makin yakin untuk mempertahankan gaya hidup sehat dengan makan buah di keseharian dengan buah pasti sunpride. Dimakan segar begitu saja ataupun diolah jadi penganan lain, sama enaknya, dapat manfaatnya. Segera kutentukan pilihan, print resep hari ini untuk kupraktikkan di akhir pekan ini. Mumpung libur… mengolah buah jadi penganan sehat makin menyenangkan. Makan buah juga jadi makin semangat karena begitu banyak variasinya pengolahannya. Makan buah setiap hari, bikin happy suasana hati. ;)

No comments: