Monday, May 01, 2023

Gudeg Banda Kesukaan

Lebaran baru saja usai. Seperti tradisi di keluargaku, ketupat ketan selalu terhidang di meja makan. Lauknya saja yang selalu berganti setiap tahun. Tahun ini keponakan yang biasa berkunjung ke Bandung tak berkesempatan datang. Qadarullah, dia masih menjalani masa isoman (masih musim aja nih, si covid?). Padahal dia ini, yang bidang pekerjaannya di bidang boga, kan sebetulnya bisa dikaryakan untuk membantu masak-masak di rumah. Hahaa... Azas manfaat banget ya si tante.

Intinya sih... aku memang mencari partner masak dan ide untuk membuat lauk pendamping untuk ketupat ketan tahun ini. Berakhir dengan memasak gulai yang rasanya nggak ke sana nggak ke sini, yang akhirnya lebih banyak kumakan sendiri. Mau bagi-bagi tetangga kok ya nggak laku ya. Rata-rata mereka juga masak lebih 'grande' dibanding aku. 

Ketupat ketan #batch2 kubuat beberapa hari selepas Idul Fitri, untuk menghabiskan kulit ketupat dan beras ketan yang sudah kubeli. Aku memasak ketupat ketan setengah kiloan (untuk sekitar 6-7 buah ketupat berukuran sedang) yang bisa habis dalam beberapa hari. #Batch1 sudah habis dimakan bersama kakak-kakak. #Batch2 giliran kumakan sendiri karena kakak yang tinggal serumah denganku lebih suka nasi daripada ketupat ketan. Aku nggak ambil pusing lah. Yang pusing adalah aku, akan makan pakai apa lagi kali ini?

Foto diambil dari tokopedia 

Ada gudeg kalengan dalam beberapa varian yang kubeli tempo hari. Gudeg kaleng Bu Tjitro yang rasanya sudah kuakrabi sejak lama. Rasa dan aromanya cukup dekat dengan Gudeg Banda kesukaanku. Kali ini, aku coba varian rasa rendang. Biasanya rendang adalah lauk paling pas buat ketupat ketan karena rasanya yang cenderung pedas, bisa jadi penyeimbang gurihnya ketupat ketan. Tapi review jujurku untuk gudeg varian rendang ini, humm... kurang cocok ah. Rasa gudegnya jadi samar karena adanya rasa rendang yang jadinya juga nggak ke mana-mana. Mana nggak ada dagingnya pula. Jadi rendang apa ini teh...? Tapi sejujurnya, varian gudeg originalnya sih enak juga, jadi salah satu favoritku, pengobat kangen pada gudeg yang sedep. 

Gudeg Banda komplit-dari laman ig Gudeg Banda
Duh... jadi kangen banget nih sama Gudeg Banda kesukaan. Perkenalan pertamaku dengan Gudeg Banda adalah di jaman kuliah medio 90-an, ketika diajak teman akrabku membeli gudeg ini. Waktu itu lokasinya terletak di sebuah paviliun di Jalan Banda, di seberang Gedung Wahana Bakti Pos yang tentu saja juga berlokasi di Jalan Banda. Lapaknya masih berupa warung semi permanen dengan tenda di bagian depannya. Biasanya temanku membeli gudeg untuk dibawa pulang sebagai lauk makan nasi. Sesekali, aku dan dia makan juga sih di warung itu. Kunikmati sekali daging buah nangka muda yang lembut, dengan campuran kerecek yang tak kalah lembut, dengan pelengkap tahu, dan opor telur atau ayam, disiram kuah santan yang encer melembabkan nasi (fyi, aku suka yang becek-becek begini), ditambah dengan sambal yang pedasnya pas sesuai selera (nggak terlalu pedas) dan bebas biji cabai. Damai banget makan nasi dengan Gudeg Banda ini. Kunikmati sekali setiap suapannya hingga piring licin tandas.

Belakangan, semakin berkembang pesat warung Gudeg Banda ini, dia membuka gerai di food court Yogya Dept Store. Kalau berkesempatan berkunjung ke food court Riau Junction atau BIP, hampir bisa dipastikan aku akan memilih Gudeg Banda sebagai main course. Tak cukup puas dengan kelas food court, Gudeg Banda membuka restoran yang berlokasi di Jalan Lombok. (Pusing... pusing deh. Ini sebetulnya gudeg Yogya, yang mulai dengan gerobak dorong yang mangkal di Jalan Riau di tahun 1976, lanjut numpang berdagang di sebuah paviliun di Jalan Banda, tapi sekarang jadi resto permanen di Jalan Lombok di kota Bandung). Rasa gudeg ini masih otentik cenderung manis. Seleraku banget yang ngikutin lidah bapak yang keturunan Solo-Yogya. Sejauh ini, gudeg paling favorit itu ya Gudeg Banda ini. Ketika berkunjung ke Yogyakarta dan mencicip gudeg di sana, ah... aku masih terkenang-kenang Gudeg Banda. Gudeg paling juara. Saat ini, Gudeg Banda punya 3 lokasi permanen, yaitu di Jalan Lombok no 57, Jalan Taman Cibeunying Selatan No 33, dan Topaz Commercial No 28, Summarecon yang semuanya di Bandung. Tinggal pilihlah, mau makan di outlet mana. Tersedia juga kok di layanan pesan-antar makanan. 
3 lokasi Restoran Gudeg Banda
Sekiranya pembaca punya referensi gudeg juara lainnya, silakan menjejak komentar ya, siapa tahu aku bisa menjajal rasanya dan pasti... pasti akan membandingkan dengan Gudeg Banda sebagai benchmark. Aku berani ngadu jagoanku deh, yang kunobatkan sebagai makanan favorit walaupun jarang-jarang juga kunikmati (makanya akan sangat mengapresiasi ketika berkesempatan menikmatinya lagi, di mana pun tempatnya, apakah di outlet/restonya, di food court Yogya, atau sesekali memesan lewat layanan pesan-antar).
 
Tulisan tentang Gudeg Banda kesukaan ini kusetorkan untuk menjawab Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog yang digelar komunitas MGN setiap bulan yang bulan ini mengusung tema Makanan Favorit. Boleh bilang dong, apa makanan favorit kalian. Siapa tahu aku juga suka. Kasih tahu yaa...

17 comments:

a l f i said...

Aduuuh. Jadi makin pengin bikin gudeg. Gudeg adalah lauk standar menu lebaranku dari kecil, bersama ketupat, opor, dan sambal goreng krecek 😋👍

Diah Utami said...

Ayo Teh Alfi, obatin kangennya , order Gudeg Banda sekarang. 😁 Ehh... Teh Alfi mah mau bikin gudeg sendiri ya. Mantapp.👍🏻 monggo lanjut eksekusi.

Pribadi Berbagi said...

Dulu saya heran dengan yg namanya gudeg. Karna dari tampilan seperti gak menarik. Makanan satu tone warna, coklat semua. Beda dengan pecel yang ada cerah2 ijo.
Sampai suatu kali mampir ke Jogja dan pesen gudeg disalah satu warung disana. Warung biasa aja belum yg favorit loh itu aja Ternyata enaaakk hahahaha..

Kalau diingt2 knp sy sempat gak suka gudeg krn pernah makan gudeg yg rasanya terlalu manis sampai eneg. Mungkin rasa itu yg terngiang-ngiang

Diah Utami said...

Warning: gudeg Banda mah cenderung manis, Teh Sistha. Kalau mau yang nggak terlalu manis, boleh coba gudeg di resto Ayam Goreng Suharti. Ada gudeg juga di situ, tapi saya nggak terlalu suka, justru karena nggak terlalu manis. Buat saya, Gudeg Banda terjuara.

Yustika said...

Aku orang Jawa tapi nggak terlalu suka gudeg karena kemanisan hahaha. Ya bolehlah kalo sekali-sekali. Dan memang bener, Gudeg Banda ini enak. Bisa jadi pilihan kalo kangen masakan Jawa.

fsrinurilla said...

Teh Diah, terima kasih ya sudah nulis tentang Gudeg Banda, karena jadi reminder buat saya agar nanti beli kalau ke Bandung lagi ehehehe. Sudah lama gak ke Gudeg Banda, dulu pertama kali ngerasain, enak banget. :)

Saya kok kepikiran Gudeg Kaleng-nya Bu Tjitro ya hhmmm. Baru tahu saya kalau ada yang kemasan begini. Ah jadi pengen nyobain. *mata berbinar-binar

Diah Utami said...

Teh Uril, ayo cobain juga gudeg kaleng Bu Tjitro. Kata saya sih, rasanya paling deket sama gudeg Banda. Saya suka nyetok di rumah, buat persediaan kalau kehabisan ide buat masak. Gudeg kaleng praktis buat teman makan nasi, tinggal diangetin sebentar.

Diah Utami said...

@Mbak Yustika (mesti pake 'mbak'... soalnya wong Jowo.iki...). Monggo dicobi saiki, Kalau nggak suka yang terlalu manis, makannya pakai sambal yang banyak, Mbak.

Risna said...

Aku baru tau kalau yang di Yogya Dept Store itu gudengnya sama dengan si Gudeg Banda. Tapi diantara semua gudeg yang dijual di warung tenda, emang paling enak si gudeg Banda ini ya. Aku juga suka yang manis trus dikasih sambelnya yang pedas tapi manis. Duh baca tulisan ini bikin aku kangen makan gudeg.

ecHa Adista said...

Duh gudeg banda ini memang best banget ya teh. Saya juga suka banget, terutama sambelnya yang buat saya juga pas banget. Jadi pengeeennn..

Diah Utami said...

Sepakat yaa, Teh Risna & Teh Echa. Mungkin kapan-kapan kita bisa ketemuan dan makan gudeg bareng. Jangan lupa sambalnya. Orang lain mah ngupi-ngupi, kita mah makan gudeg. Anti-mainstream yaa 😁

Rochma said...

Wah saya kira gudeg yang berasal dari kota Banda. Ternyata yang dijual di jalan Banda, xixixi..
Lalu gimana bedanya dengan gudeg Yu Djoem yang khasnya Jogja?

Ilma Purnomo (Mama Razin) said...

Jadi inget, waktu masih tinggal sama ortu, sering banget habis belanja mingguan di Yogya Sunda/Batununggal, beli Gudeg Banda. Tapi entah kenapa, aku gak pernah tertarik buat nyoba. Dulu emang gak nafsu makan. Setelah nikah (termasuk hamil dan punya anak), baru punya nafsu makan yg lebih baik. Kalau pulang kampung, aku pingin cobain deh 😁

Diah Utami said...

@Teh Rochma, tampaknya saya belum pernah coba nih, gudegnya Yu Djoem. Kapan-kapan kalau ke Yogya lagi, tampaknya perlu dijadwalkan.
@Teh Ilma, kalau pulang kampung, hayu ke Yogya Batununggal yang relatif dekat dari rumah (tapi kalau mau ke Yogya Sunda atau Riau juga hayu aja), kita nge-gudeg bareng.

Shanty Dewi Arifin said...

Sebagai bukan pemakan gudeg, baru tahu loh ada gudeg kalengan segala. Makin kreatif banget sih orang jualan kuliner sekarang ini.

aitiiiy said...

Gudeg Banda aku kenalnya dari hasil dapat nasi box makan siang kalau lagi ada acara di kampus.. hahaa.. enaak ya teeh :D

Diah Utami said...

@Teh Shanty, cukup sampai kagum aja ya untuk inovasi usaha kuliner gudeg kalengan. Lanjut nyobain nggak, Teh? Siapa tahu doyan. ;)
@Teh Aity, kalau dapat nasi kotak isi paket nasi gudeg Banda, enaknya dobel ya. Karena gudegnya, juga karena gratisnya. :D

Tak Ada Apa-apanya Dibanding Mereka