Sunday, October 30, 2016

Pilih-pilih Mobil Anak Muda

Menyesap kopi creamy pagi ini, sambil orat-oret menuliskan rencana kecil yang kadang leading menuju sesuatu yang besar, aku teringat percakapanku dengan salah satu keponakanku beberapa waktu yang lalu. Dia sedang semangat-semangatnya menikmati masa awal kuliahnya. Makin banyak saja kesibukannya tapi dia nikmati setiap momennya. Besar mimpinya, banyak rencananya. Aku ikut bangga padanya, anak muda yang gagah dan sehat, pandai bergaul dan pandai menjaga diri. Tapi terkadang tantenya ini ikut khawatir dengan kondisinya saat di luar. Apa kabarnya saat dia terpaksa pulang malam seusai kuliah dan mengerjakan tugas di rumah kawan, misalnya. Membelah lalu lintas Bandung yang makin padat saja terutama di akhir pekan, menepis asap dan debu atau menembus hujan, selain ancaman begal yang makin menggila. Iih... na’udzubillah. 
Teringat moment beberapa waktu lalu, saat aku menembus hujan dan membelah lalu lintas Bandung di akhir pekan yang padat untuk bergabung dengan komunitas blogger Bandung dan menyimak pembahasan tentang mobil untuk anak muda bersama Sales Supervisor Auto2000 cabang Soekarno Hatta, Bandung, Pak Deni Rohmat. Hadir juga Pak Irwan Nufiandy sebagai Head of Marketing mobil123.com beserta Pak Indra Prabowo yang menjabat Managing Editor di mobil123.com. Jadi keidean untuk ngajuin proposal untuk beli mobil buat si kakak. Psst, yang beli mah biar babenya aja dong. Tantenya cuma ngajuin proposal ;)
Dia ini termasuk generasi Z yang lahir pasca tahun 1995, dengan kecenderungan berinteraksi secara digital. Terbiasa dengan berbagai aktivitas secara bersamaan atau dikenal juga dengan multi-tasking, dan menginginkan segala sesuatu serba cepat cenderung instan. Mereka juga akrab dengan teknologi informasi dan cenderung aktif di jejaring sosial. Gaya hidup mereka bergerak dinamis dengan nilai-nilai praktis. Mereka perlu alat transportasi yang tepat untuk mendukung aktivitas mereka. Saat ini, kakak biasa mengendarai motor di keseharian, tapi tampaknya dia perlu mengubah moda transportasi jadi kendaraan yang lebih aman dan nyaman.
Sebagai generasi Z, dia nggak Z-Z amat sih, sebetulnya. Dia masih suka berinteraksi secara langsung dengan teman-temannya, bahkan akun media sosialnya relatif inaktif. Dia lebih sering menggunakan koneksi internet untuk berselancar di dunia maya, mencari berita dan info yang mendukung kegiatannya di kampus. Kusarankan dia untuk mencari info mengenai mobil incarannya via web mobil123.com
Sebagai portal otomotif, mobil123 tidak berjualan mobil, melainkan lebih sebagai perantara untuk memfasilitasi penjual dan pembeli untuk bertemu di pasar yang tepat. Kendaraan yang ditawarkan via mobil123 terjamin kondisinya karena rata-rata penjual terverifikasi dengan data yang akurat. Kelengkapan dokumen kendaraan, kondisi fisik mobil hingga riwayat servis terdata, sehingga tidak ada sejarahnya pembeli kena tipu penjual abal-abal.
Sedikit tips buat calon pembeli mobil second nih... 
  • Selalu cek kondisi fisik kendaraan yang ditaksir. Pastikan mobil dalam kondisi prima, baik body maupun mesinnya. Jangan sampai terjebak membeli mobil yang tampak cantik tapi ternyata mesinnya burik gara-gara sempat jadi korban banjir, misalnya. Lihat dari kaca dari lampu depannya. Jika ada noda embun di dalamnya, boleh curiga bahwa itu mobil korban banjir. 
  • Cek pula kelengkapan surat-surat kendaraan. Pastikan mobil tidak dalam kondisi tergadai atau masih dalam proses sengketa atau kredit macet. Jangan sampai kejeblos perkara dengan polisi gara-gara mobil yang diincar ternyata adalah mobil curian yang didaur-ulang. Untuk lebih meningkatkan kewaspadaan, jika memungkinkan, periksa juga riwayat mobil dan pemiliknya. Siapa tahu mobil pernah dipakai tindak kejahatam, mulai perampokan sampai pembunuhan. Hiyy... ngerri nggak sih?
Narasumber di Blogger gathering
Khusus untuk mobil-mobil keluaran toyota, bisa dicek rekam jejaknya di Auto2000 dengan mengecek nomor rangka. Kalau mobil itu rajin service rutin di Auto2000, tentu sejarahnya bisa terlacak. Tapi kalau masih ragu, ya silakan lakukan general check di bengkel terpercaya untuk memastikan bahwa kendaraan yang akan dibeli ada dalam kondisi prima. Itu sedikit kesimpulan yang kudapat dari pemaparan 3 narasumber di acara blogger gathering hari Jumat sore lalu.
Ketika kutanya kakak tentang mobil idamannya, dengan mata berbinar dan senyum penuh harap, dia bertutur bahwa impiannya adalah sebuah mobil klasik yang tidak diproduksi lagi. Atuhlah, kakak... mobil collectible gitu mah urusan babeh-babeh kali. Kalau mobil anak muda, beda kelas, kali...
Ketika bicara pilih-pilih mobil baru, tentu beda lagi ceritanya. Mobil baru bisa dipastikan kualitasnya dalam kondisi prima, tapi ada baiknya juga test drive untuk membiasakan dengan setelan rem, kopling dan gas. Keuntungan lain memilih mobil baru adalah zero maintenance di tahun-tahun awal, selain cek berkala yang belum memerlukan biaya tinggi. Tentu saja benefit ini berbanding lurus dengan biaya yang dikeluarkan untuk membawa mobil gres ini ke garasi kita. Tapi dengan uang muka 12-15 jutaan, kita sudah bisa kok membawa pulang satu unit mobil gres toyota. 
Ragam fitur All New Sienta
Toyota punya sederet produk terpercaya yang bisa dipilih. Sebutlah Agya yang dibandrol di harga seratus jutaan, ini bisa jadi pilihan city car yang ramah buat siapa saja. Desainnya yang simpel dengan dimensi yang relatif kecil cukup lincah untuk membelah lalu lintas kota. Kalau naik sedikit spec-nya, bisa pilih Toyota Sienta yang fiturnya sudah sangat kekinian. Desainnya cantik dengan konsep androgin yang fit untuk laki-laki maupun perempuan. Tersedia dalam banyak pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan selera. Gadget dapat terkoneksi dengan mudah dan bisa langsung terhubung ke dashboard dengan layar sentuh. Fitur keamanan canggih, lengkap dengan sistem suspensi yang nyaman, anti-lock brake sistem, dilengkapi double air bag dan beberapa fitur keamanan tambahan untuk tipe tertentu. Kabin cukup luas, cukup untuk menampung serombongan anak muda dan membawa serta segala kebutuhan mereka di dalam bagasi. Mobil ini pun ideal sebagai kendaraan keluarga muda. Toyota masih punya banyak opsi kendaraan impian yang dapat dipilih. Demikian paparan Pak Deni Rohmat selaku Sales Supervisor Auto2000 cabang Soekarno Hatta, Bandung di acara blogger gathering yang kuhadiri tempo hari.
Blogger Bandung di acara Gathering bersama Mobil123
Acara seru di hari Jumat itu sungguh bermutu karena aku bisa dapat banyak ilmu. Jadi bahan referensi untuk bahan 'proposal' keponakanku ketika berminat untuk cari mobil untuk anak muda seperti dia. Bagaimana dengan aku? Hmm... sesekali nebeng di mobilnya, boleh kali... biar berasa anak muda lagi ;) 

4 comments:

Kang Alee said...

Jadi lebih mudah ya cari mobil, nggak perlu muter-muter

Efi Fitriyyah said...

Kalau teteh mau test drive mobil, aku ikutan ya, teh hehehe

Diah Utami said...

@Kang Alee: searching sih online dulu aja. Tapi harus memastikan kondisi mobil secara langsung juga kalau sudah mau deal.
@Teh Efi: hayu hayu... cari dulu yaa, mobil apa/gimana yang mau diteskeun ;)

Ria Lyzara said...

Wah baru tau kalo ada mobil123, sebelumnya ada rumah123 :D
ini semacam marketplace untuk mobil yak :D

Ketupat Ketan Untuk Lebaran