Tuesday, May 01, 2007

Pindah Kerja

Dapat artikel dari newsletter HanyaWanita.com. Bagus juga.
Pindah kerja? Ehmm ada apa yah kok tiba-tiba Anda memutuskan untuk pindah kerja. Memang pindah kerja adalah hak setiap karyawan dan sah-sah saja kok jika hal itu terjadi. Mencari pekerjaan itu memang susah-susah gampang. Anda cocok dengan tempat bekerja Anda sekarang, ya betah. Tetapi jika tidak cocok, Anda akan mencari yang baru.
Berbagai alasan mengapa banyak yang pindah bekerja dari satu perusahaan ke perusahaan yang lain kadang membuat bingung, apa sih yang mereka cari sebenarnya? Di bawah ini akan dikupas habis alasan-alasan mengapa seseorang atau bahkan mungkin Anda pindah bekerja.
Karier Mandek
Jika Anda sudah bertahun-tahun bekerja di tempat yang sekarang ini tidak juga menunjukkan perubahan status yang jelas untuk karier Anda, sudah saatnya Anda berpikir untuk meninggalkan perusahaan Anda. Apalagi Anda sudah mendiskusikan hal tersebut dengan atasan tetapi tidak juga ada tanggapan yang positif.
Hm... sedikit merasa seperti ini. Bukan berarti aku ingin jadi pemegang 'tampuk kekuasaan' di sekolah tempatku mengajar saat ini, cuma merasa tidak cukup puas dengan sistem kesamarataan yang kurang proporsional.
Gaji Kurang
Inilah faktor yang paling utama mengapa banyak karyawan pindah kerja. Membicarakan masalah uang memang sangat sensitif, apalagi mereka yang telah bekerja. Cape-cape mereka bekerja untuk perusahaan tetapi imbalan atau gaji yang diberikan tidak sesuai dengan cape yang dirasakan yah lebih baik untuk mencari pekerjaan lain saja.
Gaji kurang? Kurang bersyukur kalau aku bilang begitu. Cuma saja pengalaman kerja nyaris tak ada artinya di sini. Salary juniorku di sini bisa jadi lebih besar dariku karena mereka 'pegang' kelas kecil, padahal jam ngajar dan tanggung jawab mereka relatif lebih kecil dibanding kita yang 'pegang' kelas besar. Atau... coba bandingkan dengan rekan-rekan di unit lain.
Tidak Cocok Dengan Pekerjaan
Cocok atau tidaknya pekerjaan yang Anda lakukan sekarang adalah tergantung dari diri sendiri. Banyak sekarang ini pekerjaan yang mereka geluti tidak sesuai dengan ilmu yang diambilnya semasa kuliah. Jika Anda sudah merasa tidak cocok dengan apa yang Anda kerjakan sekarang, lebih baik untuk mencari pekerjaan lain. Jika hal tersebut dipaksakan hasil pekerjaan Anda tidak maksimal.
Bukan ini penyebab aku ingin pindah kerja. Lha wong aku juga pindah ke institusi sejenis, kok. I love teaching! Being a teacher is my dream comes true.
Memburuknya Hubungan dengan Rekan Kerja
Hubungan Anda dengan rekan kerja memburuk, wah kondisi seperti itu bisa dibilang tidak sehat lagi. Mau dipaksakan dengan cara apapun juga, tetap saja tidak akan pernah bisa memperbaikinya apalagi rekan kerja Anda tidak sepaham dan telah menyakiti hati Anda. Anda pun lama-lama juga tidak betah berada disana. Rasanya seperti di neraka saja.
Kalau sampai dirasa seperti di neraka, hm... nggak begitulah. Cuma ada satu-dua kolega yang membuatku merasa sangat tidak nyaman bila harus sering-sering bertemu mereka. Kupikir akan jauh lebih baik kalau aku tidak perlu berinteraksi dengan mereka lagi. Potensi konflik dan 'curiga' akan tereliminasi dengan sendirinya. Mudah-mudahan di tempat baru nggak ketemu orang-orang dengan kasus serupa. Amiin.
Sebaliknya, banyak sekali teman baik yang kutemui di Salman. Semoga di tempat beru nanti juga banyak teman baru yang akan kutemui dan kudapati. Amiin.
Tawaran Lain
Jika ada tawaran yang lain yang lebih menggiurkan dan jelas misalnya tersedianya fasilitas-fasilitas untuk para karyawan, tunjangan kesehatan dan lain sebagainya, mengapa tidak Anda ambil. Apalagi perusahaan tempat Anda bekerja sekarang ini tidak menyediakan fasilitas-fasilitas tersebut.
Ada dong tawaran lain, yang kusambut baik. Proses rekrutment terlihat fair dan aku hanya minta diberikan yang terbaik. Bila memang transfer ke tempat baru akan membawa kebaikan bagiku, lingkunganku, agamaku, dunia dan akhiratku, maka tetapkanlah untukku, ya Allah, dan berkahilah aku di sana. Amiin.
Jika Anda mengalami hal-hal diatas, lebih baik Anda pindah bekerja. Sekalipun Anda paksakan untuk tetap berada di situ, hasil pekerjaan Anda pun menjadi tidak maksimal. Sebelum Anda memutuskan untuk hengkang dari perusahaan yang sekarang, ada baiknya jika Anda mencari tahu terlebih dahulu informasi-informasi mengenai perusahaan tersebut.

2 comments:

Dewi said...

Wah mau pindah kerja kemana nih?

Diah Utami said...

Pindah ke 'tetangga', bu Dewi. Ke sekolah baru di kota baru Parahyangan. Mudah-mudahan kepindahan ini membawa kebaikan buat semua, buat saya maupun yang ditinggalkan. Bantu doakan ya bu.