Tuesday, October 14, 2008

Masa Lalu, Masa Kini dan Masa Depan

Masa lalu seringkali merupakan cetakan kejadian atas pengalaman yang kita alami saat ini atau di masa depan. Seperti yang diungkapkan Andrea Hirata di salah satu dari tetralogi Laskar Pelangi karangannya. Pengalaman masa lalu bila diumpamakan adalah sebutir pecahan mozaik yang akan membentuk suatu benda dengan sempurna setelah terkumpul utuh seluruhnya, membentuk kesatuan karya seni terindah.
Masa kini adalah sebuah periode waktu yang kita jalani sekarang. Merupakan rangkaian kejadian yang sebaiknya dijalani dengan penuh kesadaran agar bermakna. Masa kini akan membentuk kita di masa datang. Seperti apa masa datang kita, akan tercermin sedikit-banyaknya dari masa kini.
Masa depan, kita angankan, kita ciptakan dari sekarang. Semoga yang terbaik untuk kujalani, semoga Allah meridhoi dan memudahkan langkah menuju masa depan yang abadi, keridhaan Ilahi. Amiin.

Nambah. Maaf, copy-paste dari "Surat dari Tomo, alumni pertama SaF". Apa kabar, nak? Minta izinnya via posting ini saja ya. Di alumnisaf.blogspot.com tak ada fasilitas komentar sih. Sok atuh pak, ditambahin fasilitas "comment" supaya bisa berinteraksi. Tentang hari kemarin, hari ini dan hari esok; 3 hari yang kita jalani.
Hari kemarin biarlah berlalu dengan segala kenangan, masalah, tangis, sedih, duka, dan keluh kesahnya. Kita tidak boleh terseret kembali ke masa lalu yang membuat langkah kedepan kita tertatih-tatih atau mungkin mandeg.
Hari ini adalah hari dimana kita hidup sesungguhnya, hari disaat saya sedang mengirim e-mail ini, hari disaat pak Ukir membacanya, di hari inilah kerja kita akan terlaksana, di hari ini pula manusia akan menunjukkan prestasi dengan segenap peluh di tubuhnya, di hari ini pulalah manusia menunjukkan eksistensinya.
Sedangkan hari esok adalah hari dimana kita menggantungkan harapan hidup, rencana kerja, program dan hal-hal yang kita evaluasi dgn segala perbaikannya agar kita tidak merugi.

2 comments:

mey said...

yesterday was history
tomorrow is mystery
today is a gift

hi, how's life?

Diah Utami said...

Alhamdulillah. Grateful for the gift of today. :)