Friday, November 07, 2008

Ak! Obama Menang

Foto hasil jepretan Reuters yang muncul jadi headline koran Republika tanggal 17 Oktober lalu ini menunjukkan kandidat presiden AS John McCain yang bereaksi spontan saat salah jalan pada debat terakhir capres di New York. Hal ini mungkin jadi pertanda bakal kekalahannya dari kandidat kuat capres AS, Barack Obama.
Setelah kemenangan Obama tanggal 4 November lalu, Indonesia pun seolah ikut merayakan dan berpartisipasi dalam kemenangan presiden kulit hitam pertama di Amerika ini. Sekitar 3 tahun masa bersekolah dasar, dilewatkan Obama di Indonesia, di sebuah sekolah di kawasan Menteng. Sedangkan saudara tirinya -dari sang ayah tiri yang memang orang Indonesia- berdomisili di Cirebon, Jawa Barat. Berita di media cetak dan elektronik ramai memperbincangkan hal ini.
Amerika sedang mengukir sejarah sekarang ini. Obama adalah capres kulit hitam pertama, sedangkan di kubu lawannya, McCain adalah capres tertua sepanjang sejarah AS, demikian pula cawapresnya, Sarah Palin, yang merupakan cawapres wanita pertama. Dan ketika akhirnya Amerika memilih Obama, sejarah baru telah dibuat. Semoga Obama dapat membawa perubahan baik tidak hanya bagi Amerika, namun juga pada negara lain yang menjadi rekanan politik dan ekonominya, termasuk Indonesia. Amiin.

Blogged with the Flock Browser

No comments:

Ketupat Ketan Untuk Lebaran