Monday, February 19, 2007

一日日本語

日曜日、DTで一日日本語があって、イタちゃんとあそこへ行く約束があった。Halah! Susah juga nih mau cerita dalam bahasa Jepang. Yah, pada intinya mah, aku akhirnya bisa menyempatkan datang ke acara itu. Jam 10-an datang, lalu langsung ikut gabung nonton presentasi DTNC (Daarut Tauhid Nihongo Club). Mestinya DTNK kali ye... (DT Nihongo Kurabu). Presentasinya ずっとインドネシア語でした。
Setelah itu pemutaran film yang jadul banget, yang teks dan dialog-nya lebih banyak nggak nyambungnya. Judulnya, Lion ... eh, Lion apa ya? Lion Heart, gitu? Tauk deh. Seusai nonton film itu, kita break shalat dan makan, lalu dijadwalkan masuk lagi ke ruangan jam 1-an. Akan ketemu dengan satu-satunya Nihonjin native speaker, Marutani sensei yang saat ini ngajar di UPI. Ita sebagai dosen muda di UPI juga 'ditembak' jadi pembicara. Eh, ternyata aku juga dijadwalkan ikut bicara di forum itu. Ditodong abis nih... Tapi ikutan alur acara aja deh. Ternyata, seneng juga kok. ;) Bukan cuma bicara, tapi juga diseling tanya-jawab yang seru. Senang bisa berbagi cerita dan pengalaman pada pendengar yang begitu bersemangat! Jadi ikut kebawa semangat nih. Hehe...
Usai acara dialog, dilanjut dengan demo pembuatan onigiri dan sushi. Aku dan Ita memisahkan diri untuk berdialog dengan Marutani sensei. Kabarnya beliau tidak fasih berbahasa Indonesia. Kita lalu ngobrol-ngobrol dikit bareng beberapa mahasiswa UPI lainnya. Seru juga, 会話の練習になるよ。頑張るぞ!

No comments: