Monday, August 25, 2008

Penjelajah PT DI

Sabtu lalu (23 Agustus 2008) aku mendampingi 3 orang muridku ikutan lomba origami pesawat terbang di PT DI alias IPTN alias Nurtanio dulu. Lomba ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka HUT PT DI yang jatuh di bulan ini. Mereka menyelenggarakan berbagai kegiatan berupa open house, dirangkai dengan berbagai lomba untuk anak-anak seperti lomba mewarnai, lomba menggambar, dan lomba origami pesawat terbang.
Jangan bayangkan origami pesawat seperti yang 'biasa'. Ini adalah lomba mewarnai-menggunting, melipat dan merakit bagian-bagian pesawat kertas menjadi sebuah model sederhana. Menarik sih, walaupun cukup rumit juga. Ketiga orang muridku bisa menyelesaikan tugas itu dengan... baik-lah. ;)
Setelah menyelesaikan tugas merakit model pesawat terbang, kami diajak berjalan-jalan keliling komplek PT DI alias plant tour. Seru juga, walaupun capek juga nih jalan jauh mengelilingi kompleks pabrik pembuatan pesawat terbang yang memang (pasti) luas itu.
Feizal, Kynan dan Safina bersama Kayla (adik Kynan) yang mengikut, berjalan bersamaku menyusuri bagian demi bagian ruangan-ruangan di sana, tempat terjadinya proses pembuatan kapal terbang itu, mulai dari sepotong lempengan alumunium alloy hingga menjelma pesawat terbang gagah dengan tipe CN-235 atau N-250 ataupun beberapa helikopter pesanan. Kereen... Selain pesawat, rupanya PT DI pun membuat mobil mini yang disebut "gang car" alias mobil gang yang memang sengaja didesain agar memudahkan mobilitas di jalanan Indonesia yang masih banyak berupa gang atau jalan kecil. Lucu banget. Imut! Aku menyempatkan diri dong berfoto di depan salah satu model mobil gang berwarna hijau, warna kesukaanku tea. ;)
Sementara murid-muridku juga banyak berfoto-ria di depan beragam model pesawat. Tak lupa kuingatkan mereka untuk banyak bertanya kepada para pemandu di sana. Pengalaman begini, nggak bisa terjadi setiap hari. Akan jadi pengalaman berharga buat mereka. Semoga mereka terinspirasi, untuk menguasai ilmu dan teknologi, dan kelak menyumbangkan ilmu pengetahuan mereka untuk negeri yang masih sering dipandang sebelah mata oleh warga dunia ini.

2 comments:

zuki said...

Dijual berapa mobilnya mbak? :) met memasuki ramadhan, mohon maaf lahir dan batin.

Semoga kita bisa beribadah dengan sebaik-baiknya, terus meminta ampun atas segala dosa kita dan terus berharap pada ridhoNya ... amiiin

Diah Utami said...

Waduh... nggak sempat nanya harga mobilnya, bang. Tapi kalo harga helikopter sih berbilang milyar. Hehe... Berminat? ;)
Selamat menunaikan ibadah shaum bersama keluarga. Semoga barakah Allah dapat diraih dengan upaya terbaik di Ramadhan tahun ini. Amiin.